Catatan

Iraa anak Pramuka dan batal puasa

Saat SMA, ada tiga nama Ira yang dikenal. Ira Karate, Ira kembar dan saya Iraa Pramuka. Sebutan di belakang nama Ira diambil dari kesibukan masing-masing yang bernama Ira. Saya? Tentu saja dipanggil Pramuka karena aktif pakai banget di Pramuka. Bayangkan saja, saat kelas 1 SMA sudah masuk dalam susunan DKD Kwarda Jawa Timur. Padahal belum juga dilantik Bantara.

Saat itu tiap akhir pekan isinya kemaaaaaaaaaaah terus. Baik kemah resmi Pramuka, atau kemah non resmi karena suka suka. Alhasil Sabtu dan Senin adalah hari dimana saya sering absen atau pulang dulu. Sering di tegur? Ya iyalah. Secara sekolah favorit yang isinya siswa pinter semua. Sempat mikir juga kenapa saya yang pinternya pas pasan ini bisa masuk ke SMA kece ini.

Pramuka identik dengan kemah. Dan kemah pertama kali saya adalah di halaman sebuah kuburan di desa Bengkak. Serius bener bener satu lokasi sama kuburan. Dan saat itu saya masih TK dan kebetulan diajak ibu kemah dengan murid-muridnya.

Rasanya menakjubkan. Mendirikan tenda, buat api unggun dan ikut penjelajahan malam hari. Rasanya malam itu sangat panjang sekali. Saya ikut blusukan lewat kuburan kuburan. Ndilalah kok ya ndak takut.

Semakin gede kegiatan Pramuka saya semakin menggila. Dimana ada kegiatan Pramuka di situ ada Iraa. Semakin jarang pulang apalagi saat ikut Saka Wanabakti. Hutan gunung aja tempat mainnya. Semacam sekolah hanya selingan. Saat saya mengeluh kepada ibu, betapa membosankannya sekolah saat itu.

14 Agustus. Saya ingat saat itu membatalkan puasa pertama kali dengan seorang kawan selepas upacara bendera. Masak mie instan di rumah yang kosong karena kelaparan dan kelelahan. “Nanti kalo ibu tanya, bilang aku puasa yaa. Dan kamu yang makan mie instannya,” katanya. Dia yang kebetulan non muslim mengangguk. Kami kemudian menjadi sangat dekat sejak saat itu.

“Satya ku ku darmakan. Darma ku ku baktikan. Agar Jaya Indonesia. Indonesia.Tanah Airku. Aku jadi Pandumu”

Selamat hari Pramuka Mas.

Tertanda saya, anak Pramuka yang tidak punya seragam sekola

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *