Uncategorized

ELL….. GELANG KU PUTUS

 6 Mei 2013
 
“Di
Mesir, gelang telah digunakan sejak 5000 sebelum Masehi dengan beragam
material dari tulang, kayu, dan batu. Namun, fungsinya bukan sebagai
perhiasan dekoratif, melainkan untuk keperluan ritual dan spiritual dan
hanya digunakan oleh pemimpin upacara ritual.

Salah satu gelang Mesir yang paling terkenal adalah Scarab Bracelet
yang merupakan simbol regenerasi dan kelahiran. Dari Mesir, gelang
menyebar ke Eropa. Di Bulgaria, gelang menjadi bagian dari kebudayaan.
Masyarakat Bulgaria percaya dengan mengikatkan pita merah dan putih di
pergelangan tangan akan membuat musim semi datang lebih cepat. Sementara
Yunani punya tradisi Martis, mengikatkan pita merah dan putih agar
mereka terhindar dari bahaya buruk sinar matahari”

Hai
ella….. gimana kabarmu hari. Aku mau cerita sama kamu. Gelang
persahabatan yang aku pake putus hari ini. Tadi pagi selepas aku mandi.
Sudah berapa lama kita pakai gelang itu? yang pasti lebih dari setahun
La wong aku saja sudah masuk bulan ke 7 di Banyuwangi. Lama juga ya
ternyata? ahhh perasaan baru kemarin aku mampir kerumah kamu buat makan
siang bareng-bareng.

Entah kenapa dua hari ini aku selalu
keingat kamu. Are you oke? semoga saja. Tiba-tiba saja aku kangen kamu
dan berpikir apakah kita bisa ketemu lagi nggak ya? di tambah lagi
gelang itu putus. Aku kok merasa kita akan semakin jauh ya? Kamu tau
sendiri kan, salah satu keburukan saya adalah saya selalu percaya dengan
pertanda-pertanda yang dikirimkan alam kepada kita?. Padahal kalau bisa
pake logika tentulah gelang itu akan putus. La wong hanya terbuat dari
benang-benang yang dijalin. Dipake setiap hari. Kena panas, keringat,
handbody, sabun, minyak wangi dan lain-lainnya. Tentu saja gampang
rentas.

Aku ingat gelang itu aku beli di Bali saat perjalanan
transit entah dari daerah mana. Aku sudah lupa karena terlalu sering
‘jalan’. Kenapa memilih gelang, tentu karena praktis karena bawanya
nggak ribet. Mungkin sederhana, tapi buat aku itu luar biasa. Gelang
buat aku simbol dari sebuah persahabatan yang tidak berujung dan tidak
berakhir. Menyatukan ujung dan ujung hingga berbentuk sebuah simbol
lingkaran.

Mungkin di antara kita, gelang aku sendiri yang
belum terlepas hingga hari ini. Ah… aku selalu mengikat diri dengan
masa lalu. Padahal berapa kali dokter memaksa aku untuk melepas gelang
itu. Belum lagi protes orang-orang yang ada di sekitarku dan bilang,
“gelang kamu kumal Raa…. ganti apa. Pake gelang emas kek biar agak
keren dikit”

Dan seperti biasa aku cuma ngakak aja.


Ell…. tiba-tiba aku kangen kamu. Aku kangen makan siang bareng. Aku
kangen curhat-curhatan di kamar kamu. Aku kangen jalan-jalan sama ke
pulau-pulau kecil (doakan aku bisa cepet bisa nyupir sendiri ya?).
Kangen jalan-jalan ke gramedia terus nyoba menu masakan aneh dari satu
cafe ke cafe lain. Kangen nongkrong di bukit semocong dan kita saling
rebuta buat cerita. Kangen karoekean bareng. Konyol ya? hal-hal
sederhana seperti itu ternyata buat kangen.

Aku mikir apa iya
aku bisa ketemu kamu lagi di Batam. Kenapa tiba-tiba aku pesimis ya bisa
balik lagi ke Batam? kamu mau “nampung” aku kan kalo jalan ke Batam?
Berharap ada kamar kost mu yang kosong dan aku bisa numpang di kamar
kamu.

Oh ya? bagaimana kabar Afun? hei… boleh kan aku tetap
memanggil dia Afun? nama Salma tetap asing di telinga aku. Aku jadi
ingat belum usia 40 hari sudah ajak dia jalan di Gramedia walaupun agak
ribet. Secara biasanya kita jalan cuma modal tas ransel sekarang
ketambahan afun harus bawa tas isi susu, popok, belum lagi bawa kereta
dorong karena ternyata lumayan buat gendong afun terus di ajak
jalan-jalan.

Intinya adalah aku kangen kamu dan tiba-tiba saja pingin ke Batam hanya untuk makan siang di rumah kamu.

Sssstt……. ini adalah luar biasa Ella…… gw lebih dari 4 bulan
nggk kemana-kemana cuma di Banyuwangi. Loe pasti keheranan kan? secara
siklus 3 bulanan aku selalu lepas buat terbang kemana. dan ini sedang
mikir “mau terbang kemana lagi ya”. Tapi tenang…. sejauh-jauh aku
terbang kali ini aku punya tempat balik pulang namanya Banyuwangi.

Salam buat Firman, Afun dan calon adek nya Afun

Aku masih hutang buat ke Letung naik kapal laut bareng kalian.

Gelang aku putus…. dan berharap persahabatan dan persaudaraan kita tidak berhenti hanya karena sebuah simbol sebuah gelang.

 
 
Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *