Catatan, Life Style

DETOX MEDSOS!

Saya pernah kecanduan game. Setiap detik hidup saya nggak leps dari namanya game. Hingga suatu saat saya menyadari bahwa saya sudah sakit. Keputusan berat saya ambil. Aplikasi game tersebut saya uninstal. Walaupun sedikit drama karena levelnya sudah tinggi dan penuh pengorbanan untuk mencapai posisi itu. Tapi saya bepikir kesehatan mental saya lebih penting.
Dan hari ini saya juga merasa mulai ‘sakit’. Kecanduan media sosial. Ya. Saya anggap sakit. Walaupun apa yang saya bagikan tidak lebih dari 1 persen dari kehidupan nyata yang saya jalani. Kepala saya sering pusing. Saya semakin menikmati waktu sendirian hanya dengan handphone dan stalking hal-hal yang saya pikir tidak begitu penting. Saya mulai menjauh dari kehidupan nyata. Buku-buku yang saya baca juga semakin sedikit karena stalking akun gosip lebih menarik.
Finish, Hari ini saya memutuskan untuk unistall aplikasi dua medsos saya facebook dan instagram. Tidak lama. Paling hanya dua minggu. Kenapa memilih dua medsos itu? karena dua medsos itu yang memakan waktu saya sangat banyak. Ada tiga akun facebook yang saya kelola dan 6 akun instagram yang butuh konten baru setiap hari. Belum lagi DM, Inbox dan mention yang harus ditanggapi. Keinginan untuk komentar dan nyinyir serta menjadikan postingan orang sebagai bahan ghibah.
Ada kawan yang menyarankan untuk menyerahkan akun medos saya ke orang ketiga untuk mengganti password tapi tidak! ini hanya sementara.
Belum lagi kepala saya yang sering pusing, dan lengan serta tangan yang sering pegal karena sering memegang handphone.
Berat? pastilah apalagi saya yang bekerja dengan mengandalkan dunia daring. Saya tidak menampik banyak mendapatkan informasi dari media sosial. Tapi hanya dua minggu. Iya dua minggu alias 14 hari. Setelah itu semua akan kembali lagi.
Yang saya lakukan hanyalah uninstal medsos dari hp, namun akun akan tetap ada. Anggap saja sedang hibernasi. Untuk menyalurkan keinginan menulis? tidak perlu khawatir. Saya akan tetap menulis di tempat saya kerja, di website dan saya yakin akan semakin banyak film yang saya tonton dan buku yang saya baca. Whatsapp dan email saya juga masih akan tetap bisa dihubungi. Pengalaman detox medsos akan saya ceritakan di website duniaira. Duh…langsung baper.
Detox media sosial tidak akan membuat kamu kehilangan teman-teman di dunia nyata kok. Detox medsos tidak akan membuat kamu jadi anti sosial. Dengan istirahat sejenak dari dunia maya, saya yakinakan memberikan banyak perubahan yang lebih baik.
Ini serius. Sekeren-kerennya kamu di media sosial, sesungguhnya kehidupan nyata itu lebih buat bahagia.
Sampai jumpa 14 hari lagi jamaah Duniaira.
Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *