Kuliner, Traveling

Ayam Pedas Mbok Wo yang melegenda di Banyuwangi

Banyuwangi terkenal dengan makanan-makanan yang bercitarasa pedas. Nah salah satunya adalah Ayam Pedas Mbok Wo. Letaknya ada di Banyuwangi selatan tepatnya di wilayah Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Ada dua warung ayam pedas yang terkenal disana dan berada dalam satu jalur. Tapi yang saya tulis adalah Ayam Pedas Mbok Wo, yang letaknya agak jauh dari pertigaan menuju Pulau Merah.

Ayam Pedas Mbok Wo sudah ada sejak 1957. Jika menuju Pulau Merah, ambil arah ke barat menuju Sarongan. Pedasnya luar biasa karena per hari bisa menghabiskan 15 kilo cabe rawit.

berada di Desa Silirbaru, Kecamatan Pesanggaran. Sajian andalan dari warung yang didirikan sejak tahun 1957 tersebut adalah ayam pedas khas Banyuwangi.

Tidak tanggung-tanggung, setiap hari, pengelola warung menyediakan minimal 15 kilogram cabai rawit yang dimasak dengan beraneka rempah dan menghasilkan kuah pedas yang menggigit, lalu dimasak dengan ayam yang telah dibakar dan dipotong kecil-kecil. “Kalau warung ini pedasnya ya asli cabe rawit bukan merica jadi pedasnya benar-benar pedas. Satu hari biasanya masak satu wajan besar yang biasanya buat jenang. Ukurannya ada satu meter lebih,” ujar Kurniadi, pengelola warung,. Rasa pedas yang luar biasa, menurut cucu dari Mbok Wo itu, membuat para pengunjung “kapok lombok”, istilah yang sering digunakan untuk orang yang mengaku kepedasan, tetapi terus datang dan menikmatinya lagi.

Saat datang, Anda tidak akan ditanya akan memesan apa. Mereka akan langsung menyajikan satu mangkok besar berisi potongan ayam yang telah dibakar dan telur rebus yang dimasak dengan kuah pedas. Ada pula beberapa potongan ati, ampela, dan usus ayam yang digoreng dan disajikan terpisah untuk pelanggan yang tidak suka pedas. Sebelum dimasak, ayam dipotong kecil kecil lalu di bakar. Sehingga aroma ‘smokey’ nya terasa sekali. Untuk nasi, pembeli bisa memilih nasi putih atau nasi jagung. Pelanggan bebas mengambilnya sendiri sesuai dengan porsinya.

Pastikan jika makan menggunakan sendok jika tidak ingin tangannya “kewedangan” sehari semalam. Yang kedua pastikan ada minuman air putih hangat untuk mengurangi rada pedas.

Selamat Makan….

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *